Pengertian Bondek dan Teknik Pemasangan Pada Dak Beton

Saat ini, proyek pembangunan semakin meningkat. Seiring meningkatnya pembanguan di indonesia maka semakin maju pula teknologi yang digunakan. Salah satunya adalah bondek, yang dibuat untuk mempermudah pengecoran.

Bondek adalah salah satu jenis material konstruksi yang digunakan dalam pembangunan struktur atap, dinding, dan lantai. Bondek terdiri dari lembaran logam yang saling terhubung dengan tulangan baja berbentuk gelombang atau corong di antara lembaran logam tersebut.

Penggunaan bondek umumnya terkait dengan struktur beton bertulang. Bondek dipasang sebagai bekisting sementara pada saat pelaksanaan pengecoran beton. Setelah beton mengeras, bondek berfungsi sebagai komponen struktural yang memberikan kekuatan dan kekakuan pada struktur tersebut.

Keunggulan Bondek

Kelebihan bondek di antaranya adalah :

  • Kecepatan pemasangan : Bondek dapat dipasang dengan cepat karena bentuknya yang telah terstruktur dan mudah dihubungkan satu sama lain.
  • Efisiensi biaya : Bondek dapat mengurangi biaya konstruksi karena penggunaannya sebagai bekisting sementara dan komponen struktural dalam satu material.
  • Ketahanan terhadap beban :  Bondek memiliki kekuatan dan kekakuan yang tinggi, sehingga dapat menahan beban struktural dengan baik.
  • Ketahanan terhadap kebakaran : Bondek terbuat dari material logam, sehingga memiliki ketahanan terhadap api dan dapat membantu melindungi struktur bangunan dari risiko kebakaran.
  • Tersedia dalam berbagai ukuran : Bondek tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi yang berbeda.

Ukuran Bondek

Bondek tersedia dalam beberapa ukuran standar yang umum digunakan dalam konstruksi. Berikut adalah beberapa contoh ukuran bondek yang umum di pasaran:

  1. Bondek 0.75 mm : Ketebalan bondek ini biasanya digunakan untuk aplikasi atap yang tidak memiliki beban struktural yang signifikan.
  2. Bondek 0.90 mm : Ukuran bondek ini sering digunakan untuk aplikasi dinding dan atap dengan beban struktural yang sedang.
  3. Ukuran Bondek 1.00 mm : Bondek dengan ketebalan ini cocok untuk aplikasi lantai dengan beban yang lebih berat.
  4. dan Bondek 1.20 mm : Bondek ini biasanya digunakan pada aplikasi lantai dengan beban struktural yang lebih tinggi atau untuk bangunan bertingkat.

Selain itu, ada juga variasi ukuran bondek yang lebih khusus atau disesuaikan dengan kebutuhan proyek tertentu. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional konstruksi atau pemasok bondek untuk menentukan ukuran yang tepat untuk proyek Anda, mengingat bahwa ukuran bondek dapat bervariasi tergantung pada standar lokal dan persyaratan spesifik dari proyek konstruksi.

Baca juga : Harga Bondek Per Meter

Kelebihan Memakai Bondek Untuk Pengecoran

Bondek adalah lembaran baja galvanis bergelombang yang digunakan sebagai lantai kerja (floor decking) pada konstruksi bangunan bertingkat. Bondek digunakan sebagai pengganti triplek pada pengecoran dak beton.

Selain lebih simple keunggulan bondek dibandingkan dengan triplek adalah lebih efisiean karena tidak ada matreal yang terbuang. Selain itu jika Kita menggunakan bondek sebagai pelapis dak beton, makan tiang pancang / penyangga dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan sama sekali. Dari segi penggunaan besi (wiremesh) juga akan lebih hemat karena hanya manggunakan 1 lapis saja.

Berikut beberapa kelebihan bondek sebagai material alas cor beton ;

  • Mudah dipasang : Bondek dapat dipasang dengan cepat dan mudah karena bentuknya yang sudah jadi.
  • Lebih ringan : Bondek lebih ringan dibandingkan dengan lantai kerja beton, sehingga dapat mengurangi beban pada struktur bangunan.
  • Kuat : Bondek memiliki kekuatan tarik yang tinggi, sehingga dapat menahan beban yang berat.
  • Than api : Bondek memiliki sifat tahan api yang baik, sehingga dapat meningkatkan keamanan bangunan.
  • Lebih hemat biaya : Bondek dapat menghemat biaya konstruksi karena proses pemasangannya yang lebih cepat dan mudah.
  • Meningkatkan Kekuatan Struktur Beton : Bondek membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan struktur beton, membuatnya lebih tahan terhadap tekanan dan beban eksternal.
  • Mempercepat Proses Konstruksi : Dibandingkan dengan metode konvensional, penggunaan bondek dapat mempercepat proses konstruksi karena pemasangannya yang lebih cepat dan mudah.
  • Mengurangi Biaya Konstruksi : Meskipun bondek mungkin tampak sebagai investasi awal yang lebih besar, penggunaannya dapat mengurangi biaya konstruksi secara keseluruhan karena mempercepat waktu pengerjaan dan mengurangi kebutuhan akan material lain.

Teknik Pemasangan Dak Beton Menggunakan Bondek

Pemasangan Bondek
Pemasangan Bondek

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pemasangan dak beton dengan menggunakan bondek:

Persiapan dan perencanaan :

  • Pastikan desain struktur dan dimensi bondek sesuai dengan kebutuhan proyek.
  • Siapkan alat dan peralatan yang diperlukan, termasuk alat pemotong bondek, tang, pengikat, dan lain-lain.
  • Pastikan permukaan penopang atau struktur yang akan dipasangi bondek sudah bersih dan rata.

Pemasangan rangka baja :

  • Pasang rangka baja sebagai penopang bondek. Rangka baja ini biasanya terdiri dari balok dan kolom baja yang telah dirancang sesuai dengan desain struktur.
  • Pastikan rangka baja terpasang dengan kuat dan sesuai dengan posisi yang telah direncanakan.

Pemasangan bondek :

  • Potong lembaran bondek sesuai dengan dimensi yang dibutuhkan. Gunakan alat pemotong bondek yang tepat untuk memotongnya.
  • Letakkan lembaran bondek di atas rangka baja dengan posisi yang benar. Pastikan bondek terpasang dengan rapi dan sejajar.
  • Sambungkan lembaran bondek satu dengan yang lainnya menggunakan pengikat atau sekrup khusus bondek. Pastikan sambungan antarlembaran rapat agar tidak ada celah.

Pemasangan tulangan dan pengecoran beton :

  • Pasang tulangan baja di atas bondek sesuai dengan desain struktur yang telah direncanakan.
    Setelah tulangan terpasang dengan benar, lakukan pengecoran beton di atas bondek. Pastikan beton terisi dengan baik dan merata di seluruh permukaan bondek.
  • Gunakan alat pemadat beton seperti vibrator untuk memastikan beton terdistribusi dengan baik dan mengisi semua ruang kosong di antara tulangan dan bondek.

Penyusutan beton :

  • Setelah pengecoran, biarkan beton mengering dan mengeras sesuai dengan prosedur yang disarankan oleh produsen beton.
  • Selama proses penyusutan beton, periksa secara berkala keadaan permukaan bondek. Jika terdapat retakan atau kerusakan, perbaiki segera untuk menjaga kekuatan dan integritas struktur.

Baca juga : Harga Borongan Dak Beton per Meter

Kesimpulan

Penting untuk mengikuti pedoman dan rekomendasi pemasangan bondek dari produsen bondek yang digunakan, serta mematuhi standar keselamatan dan prosedur konstruksi yang berlaku. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam pemasangan dak beton, disarankan untuk melibatkan tenaga ahli atau konsultan konstruksi yang kompeten untuk memastikan pemasangan yang tepat dan aman.

Tinggalkan komentar