Harga Bondek Per Meter dan Per Lembar Galvalum dan Galvanis

Bondek merupakan plat baja bergelombang yang biasa digunakan sebagai pengganti papan atau triplek pada atap atau lantai bangunan. Bondek berfungsi sebagai penyangga untuk adukan semen atau mortar pada plat lantai atau atap sehingga konstruksi menjadi lebih kuat dan kokoh.

Keunggulan bondek dibandingkan papan atau triplek adalah lebih kuat, tidak mudah patah, anti rayap, tahan lama, serta permukaannya rata sehingga adukan semen mudah melekat dengan kuat. Bondek biasanya diproduksi dengan ketebalan 0,75 mm hingga 1,5 mm dari bahan baja galvanis dengan lapisan zinc alloy atau aluzinc yang tahan karat.

Di Indonesia, bondek banyak dipakai pada konstruksi atap maupun lantai pada bangunan seperti rumah, ruko, pabrik, gudang, dan gedung bertingkat. Dengan berat yang relatif ringan dan kekuatan yang tinggi, bondek sangat praktis digunakan untuk membuat konstruksi atap dan lantai menjadi lebih kuat dan awet.

Ukuran Standar Bondek

Bondek memiliki berbagai ukuran standar yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam ukuran bondek adalah:

  • Lebar bondek – Lebar bondek umumnya tersedia dalam ukuran 60 cm, 75 cm, 90 cm, dan 120 cm. Lebar ini menyesuaikan jarak antar profil yang akan digunakan. Semakin lebar profilnya, maka lebar bondek juga harus lebih lebar.
  • Panjang bondek – Panjang standar bondek adalah 240 cm. Ada juga yang menyediakan panjang 210 cm dan 270 cm. Semakin panjang bondek maka akan semakin sedikit sambungan yang dibutuhkan.
  • Ketebalan bondek – Ketebalan standar bondek berkisar antara 0,75 mm, 0,8 mm, 0,9 mm, dan 1 mm. Semakin tebal bondek maka semakin kuat menahan beban. Namun juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak berlebihan.

Pemilihan ukuran bondek yang tepat sangat penting agar konstruksi lantai bisa kuat dan efisien. Konsultasikan kebutuhan proyek Anda dengan penyedia bondek agar mendapatkan ukuran yang paling optimal.

Jenis-Jenis Bondek

Bondek merupakan plat baja bergelombang yang biasa digunakan sebagai pengganti papan kayu atau beton bertulang pada lantai dan atap bangunan. Ada beberapa jenis bondek yang beredar di pasaran, diantaranya:

  • Bondek Galvanis – Jenis bondek paling umum, terbuat dari baja dengan lapisan zinc alloy atau galvanis untuk mencegah karat. Ketebalan standar 0.75 mm dengan lebar 600-1000 mm.
  • Bondek galvalum – Menggunakan lapisan galvalum yang lebih tebal dari bondek standar. Tahan karat dan awet digunakan.
  • Bondek wavel – Memiliki bentuk gelombang lebih rapat daripada bondek standar. Mampu menahan beban lebih berat.

Perbedaan utama antar jenis bondek terletak pada material pelapis, ketebalan, dan bentuk gelombangnya. Pemilihan jenis bondek disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran proyek. Secara umum, semakin tebal dan anti karat, tentu harganya akan lebih mahal.

Harga Bondek Per Meter dan Per Lembar Terbaru
Harga Bondek Per Meter dan Per Lembar Terbaru

Manfaat Menggunakan Bondek

Bondek memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bahan alternatif lainnya:

  • Kekuatan tinggi – Bondek dibuat dari baja galvanis yang memiliki kekuatan tekan dan lentur yang tinggi. Ini sangat penting untuk menopang beban berat seperti semen dan keramik di lantai. Bondek jauh lebih kuat dibandingkan triplek atau bahan lainnya.
  • Ketahanan korosi tinggi – Lapisan zinc pada bondek melindunginya dari korosi akibat kelembaban dan air. Bondek bisa bertahan puluhan tahun tanpa berkarat atau berlubang.
  • Ringan – Berat bondek hanya sekitar 6,5 kg per m2. Ini jauh lebih ringan dibanding beton bertulang, sehingga mengurangi beban total pada struktur.
  • Mudah dipasang – Ukuran bondek standar dan bentuk gelombangnya memudahkan pemasangan. Tidak memerlukan keahlian khusus.
  • Isolasi panas – Lapisan zinc memantulkan panas matahari. Ini mengurangi panas yang masuk ke dalam bangunan.
  • Isolasi suara – Desain berongga bondek meredam suara dari luar atau antar lantai.
  • Ekonomis – Harga bondek relatif lebih murah dibanding beton bertulang dengan kekuatan yang setara. Mengurangi biaya konstruksi secara keseluruhan.

Jadi dengan kekuatan, durabilitas, ringan, mudah dipasang, dan ekonomis, bondek sangat cocok digunakan sebagai pengganti beton bertulang pada lantai, atap, dan konstruksi gedung modern. Kualitas bondek yang asli dan standar akan memberikan performa terbaik untuk keamanan dan kenyamanan bangunan dalam jangka panjang.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Bondek

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga bondek per meter:

  1. Tebal plat bondek. Semakin tebal, semakin mahal harganya.
  2. Jenis lapisan bondek. Bondek galvalum lebih mahal dari bondek biasa.
  3. Ukuran lebar bondek. Semakin lebar, harga per meternya juga semakin tinggi.
  4. Jumlah pembelian. Beli dalam jumlah banyak bisa mendapatkan diskon harga.
  5. Lokasi toko bondek. Harga bisa berbeda tergantung lokasi toko bondeknya.

Jadi perhitungan harga per meter bondek tergantung beberapa faktor tersebut. Pastikan untuk survei harga dari beberapa toko sebelum memutuskan membeli.

Harga Bondek per Meter

Harga bondek biasanya dihitung per lembar dan atau per meter. Untuk harga per meter, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Harga bondek standar per meter

Harga bondek standar per meter berkisar antara Rp 90.000 – Rp 120.000. Ini untuk ukuran bondek standar dengan tebal 0,75 mm. Semakin tebal, maka harganya juga akan semakin mahal.

  • Harga bondek galvalum per meter

Bondek galvalum memiliki lapisan zinc coating sehingga lebih awet dan tahan karat. Untuk harga bondek galvalum per meternya sekitar Rp 120.000 – Rp 140.000.

Harga Bondek per Lembar

Harga bondek per lembar bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran bondek yang digunakan. Berikut adalah harga rata-rata bondek per lembar:

  • Bondek ukuran tebal 0.65 mm x 2 m, harga rata-rata per lembar adalah Rp 110.000
  • Bondek ukuran tebal 0.70 mm x 2 m, harga rata-rata Rp 120.000 per lembar
  • dan Bondek ukuran tebal 0.75 mm x 2 m, harga rata-rata Rp 140.000 per lembar

Di atas merupakan informasi mengenai harga rata-rata bondek per lembar. Pastikan membandingkan harga di beberapa supplier sebelum membeli agar mendapatkan harga bondek terbaik.

Harga Bondek Galvalum dan Galvanis

NoTipeKetebalanHarga/meter
1Bondek Galvanis0.65 mmRp137.000,00
2Bondek Galvanis0.70 mmRp144.000,00
3Bondek Galvanis0.75 mmRp153.000,00
4Bondek Galvalum0.70 mmRp145.000,00
5Bondek Galvalum0.75 mmRp157.000,00

Ketentuan

  • Harga sewaktu waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan
  • Kami melayani pembayaran secara langsung maupun via transfer
  • Untuk barang tertentu harus ada DP terlebih dahulu
  • Pembayaran harus lunas sebelum barang diturunkan
  • Ongkos kirim dikenakan (tergantung jarak dan jumlah)

Jangkauan

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Untuk menghitung kebutuhan bondek pada suatu proyek konstruksi, ada beberapa rumus dan contoh perhitungan yang perlu diketahui:

Rumus Menghitung Kebutuhan Bondek

  • Luas atap bangunan (m2) / ukuran lebar bondek (m) = kebutuhan panjang bondek (m)
  • Panjang bondek yang dibutuhkan (m) / panjang standar bondek per lembar (m) = jumlah lembar bondek

Contoh Perhitungan Kebutuhan Bondek

Sebagai contoh, untuk menghitung kebutuhan bondek dengan spesifikasi:

  • Luas atap bangunan: 200 m2
  • Lebar bondek yang digunakan: 0,8 m
  • Panjang standar 1 lembar bondek: 6 m

Maka perhitungannya adalah:

  • Luas atap 200 m2 / lebar bondek 0,8 m = panjang bondek 250 m
  • Panjang bondek 250 m / panjang standar 6 m per lembar = 42 lembar bondek

Jadi total kebutuhan bondek untuk luas atap 200 m2 dengan menggunakan bondek ukuran 0,8 m adalah 42 lembar.

Dengan mengetahui rumus dan contoh perhitungan di atas, kita dapat memperkirakan jumlah kebutuhan material bondek yang tepat untuk sebuah proyek konstruksi. Hal ini penting agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan material.

Tips Membeli Bondek Berkualitas

Pastikan Ukurannya Tepat

Ketika membeli bondek, sangat penting untuk memastikan bahwa bondek yang Anda beli memiliki ukuran sesuai kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli bondek yang ukurannya lebih kecil karena akan menimbulkan space kosong.

Cek Kondisi Bondek

Sebelum membawa pulang bondek, pastikan Anda melakukan pengecekkan terhadap fisiknya. Tujuannya adalah memastikan bahwa bondek memang bersih dan tidak memiliki karat maupun berlubang agar tidak mengurangi kualitasnya.

Harga Bondek Masuk Akal

Jangan tergiur dengan harga jual bondek yang terlampau murah. Namun apabila harganya masih terjangkau atau masuk akal, maka Anda bisa membelinya. Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas dari bondek tersebut.

Cara Mengaplikasikan Bondek untuk Lantai

Memasang Balok Terlebih Dahulu

Langkah awal yang harus di lakukan tidak lain adalah memasang bekisting balok secara lengkap di lantai. Pastikan pekerja memasangnya dengan tepat sesuai dengan ukurannya agar lebih kokoh. Tujuannya adalah agar ketika bondek digunakan sebagai lapisan tidak terdapat masalah.

Setelah bekisting balok terpasang, lanjutkan dengan memasang bondek sesuai dengan posisinya. Pastikan telah di ukur sebelumnya dan susun secara rapi. Apabila tidak rapi, hasil akhirnya juga tidak akan rapi.

Pasang Besi Tulangan

Setelah bondek terpasang, lanjutnya pemasangan besi tulangan dengan ketebalan tertentu. Posisikan besi tulangan ini antara gelombang bondek satu dengan yang lain. Ini bertujuan untuk menghasilkan pengecoran yang baik.

Lakukan Pengecoran

Buat adonan semen dengan komposisi material yang tepat, kemudian lakukan pengecoran di tempat tadi. Pastikan melakukan pengecoran dengan benar dan seluruh bagiannya terisi seluruhnya. Jika sudah terisi seluruhnya, buka bekisting lantai dan biarkan bondek menjadi pelapisnya. Hubungi melalui WhatsApp sekarang !!

Akhir Kata

Anda bisa mendapatkan informasi terkait harga bondek per meter terbaru dan penawaran menarik lainnya dengan menghubungi marketing Kami. Tunggu apa lagi, ayo pesan bondek sesuai kebutuhan masing-masing dan jangan ragu untuk berkonsultasi.

Baca juga : Harga Bondek Tangerang

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Bondek

Apa itu material bondek?
Bondek adalah bahan material banguan yang berbahan dasar baja, berbentuk tipis dan di gunakan sebagai pengganti triplek sebagai alas untuk pengecoran.

Kenapa harus pakai bondek?
Penggunaan bondek dapat menjamin kerapihan bagian bawah plat lantai. Yang menjadi pertimbangan adalah ketika menggunakan sistem konvensional dengan bekisting multipleks, maka resiko beton akan mudah keropos dan retak lebih besar.

Berapa ukuran bondek per lembar?
Panjang bondek yang ada di toko, agen atau pabrik bondek bervariasi. Ukuran panjang bondek ada yang 3 meter, 4 meter, 5 meter, dan 6 meter. Sementara, untuk ketebalannya, ada berukuran 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm, dan 1 mm.

Apa itu bondek cor?
Bondek cor adalah teknik yang digunakan untuk membantu proses pengerjaan dak beton yang posisinya berada di lantai maupun dak beton di bagian atas, dengan menggunakan material berupa lembaran yang terbuat dari galvalum berlapis galvanis atau aluminium.

Tinggalkan komentar